Selasa, 30 Oktober 2012

Cegah Penyakit dengan Cuci Tangan

Tangan merupakan salah satu jalur utama bibit penyakit masuk ke dalam tubuh. Karena itu, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir menjadi wajib hukumnya untuk mencegah infeksi penyakit yang ditularkan melalui tangan.

Cegah Penyakit dengan Cuci TanganSayangnya, masyarakat Indonesia belum terbiasa dengan kebiasaan sehat ini. Malah cenderung menggunakan cairan antiseptik yang dianggap lebih praktis.

Padahal, membiasakan diri mencuci tangan dengan sabun menjadi cara termudah dan termurah untuk mencegah minimal 10 masalah kesehatan karena kuman.

Berdasarkan penelitian oleh Curtis V. Cairncross, mencuci tangan pakai sabun dapat menurunkan risiko diare hingga 47 persen. Di Indonesia, hasil penelitian Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Spektra terhadap 550 siswa di 11 kabupaten di Jawa Timur menunjukkan bahwa mencuci tangan pakai sabun, terutama makan, dapat menurunkan tingkat absensi anak akibat sakit diare hingga 11 persen.

Selain diare, penyakit lain yang dapat dicegah melalui cuci tangan dengan sabun adalah radang tenggorokan, masalah saluran pernapasan, disentri, iritasi kulit, biang keringat, mata merah, jerawat, bau badan dan tipus.

1 komentar:

  1. Ya hidup sehat emang harus dimulai dari hal yang terkecil, dari tangan kita, nice share
    kunjung balik ya www.frondyff.blogspot.com

    BalasHapus